Cara mencegah artikel di-copas

Label:

1. artikel dibuat dalam bentuk gambar gif, jpg atau png. hal ini sudah jamak dilakukan oleh para anggota deviantart. Mereka umumnya menuliskan tutorialnya dalam bentuk gambar. Banyak software yang bisa digunakan untuk cara ini. Cara termudah adalah dengan melakukan ‘printscreen’ .

2. artikel dibuat dalam bentuk PDF, dengan menggunakan software PDFCreator kita bisa mengatur apakah artikel tsb hanya bisa dibaca saja tanpa bisa dicopy apalagi dicetak atau kita bebaskan orang lain untuk melakukan apa saja terhadap artikel kita. Dengan software tsb kita juga bisa mempassword atau membatasi umur bacanya.

3. artikel dibuat dalam bentuk swf. OpenOffice bisa digunakan untuk menghasilkan file dalam bentuk swf.Jika kita tidak mau ribet maka kita bisa memanfaatkan fitur free swf converter online yang disediakan oleh situs tertentu, contohnya : http://online.print2flash.com/. Melalui situs tsb. kita bisa mengubah artikel kita menjadi berformat swf secara online. contoh untuk artikel ini dalam bentuk swfnya bisa dilihat di http://online.print2flash.com/content/doc.php

Terlepas dari semua hal di atas, marilah mulai sekarang kita mencoba menghargai karya orang lain (apapun bentuknya) dengan ‘paling tidak menyebutkan dari mana hasil karya tersebut’.
semoga dengan begitu kemajuan bangsa ini semakin pesat dalam hal ilmu dan pengetahuan.

sumber : http://www.faberhost.com/news.htm?x=HqNQHYkstenZ%2F6zeOLT2NzsrGJPxQHw%3D

0 komentar:

Posting Komentar